08 Oktober 2010

How To Convert Programmer Into A Human

Saya mencoba membahas topik yang cukup menarik di kalangan programmer. Biasanya para programmer identik dengan sifat menyendiri dan seperti kurang percaya diri bergaul, apalagi ketika sedang bekerja di depan komputer, nah itu dia! :D

Banyak yang bilang saya orangnya gak mau diem, dikit-dikit ngajakin orang becanda, bahkan sama tim saya pun saya seneng banget becanda, walaupun pada saat pressure sedang ketat. Itu pandangan orang lho ke saya, bukan penilaian saya sendiri. ;)
Tapi emang saya seneng sih seperti itu, dengan berinteraksi dan tertawa bersama partner kerja, kerjaan yang dapat memicu stress seakan lancar-lancar aja.

Sekarang bagaimana bagi anda yang ngerasa sedikit tertutup dan masih "programmer banget" bisa menjadi seseorang yang lebih interaktif? Rumusnya sih gampang, ini tips dari saya:

  1. Sering-sering bercanda sama temen yang udah dirasa deket.
    Becanda pada hal ini bukan bercanda kata-kataan fisik ato saling mengejek gak karuan, klo memang orang intelek harusnya bisa mengatur cara bercandanya. Coba bercanda dengan celetukan-celetukan halus yang tidak menyindir pribadi teman anda, cari topik tentang keadaan sekitar atau hal-hal yang uniq yang mungkin bisa anda temukan ketika surfing internet. Mudah kan? :)

  2. Perbanyak temen.
    Kalau susah untuk masuk ke komunitas, cobalah mencari teman di kantor atau di lingkungan rumah anda. Awal berteman caranya gampang, sapalah orang, tanya kabar hari ini, dan coba basa-basi yang udah pasti orang itu mudah menjawabnya, misalnya ketemu temen kantor pas pulang, tanya aja "hey, pulang ya?"... pasti dia gampang kan jawabnya? :D .. tapi dengan cara itu orang tau kalau anda orang yang ramah dan asik diajak berteman.

  3. Ikut kegiatan kantor.
    Ini yang paling cepet kalau mau cari temen, dengan ikut kegiatan kantor (misalnya hangout, futsal ato bisa jugamakan siang) kita bisa berbaur sama temen-temen yang lain, dari situ orang tau kalau anda itu tidak tertutup dan menyenangkan.

Menurut saya, jangan mau terus-terusan jadi orang kaku, ada banyak kerugiannya, terutama masalah karir anda. Karena atasan anda sebagai manusia juga bisa menilai apakah anda berkompeten untuk berinteraksi dengan orang lain, apabila anda dapat berinteraksi maka anda dapat bekerjasama, apabila anda bisa bekerja sama, maka anda bisa memimpin, anda bisa memimpin? bisa aja kan anda naik jabatan? hehe ^_^

Tidak ada komentar: