06 September 2008

Adalah ide buruk apabila programmer diperlakukan seperti ini

Programmer pada dasarnya adalah pekerja seni. Mereka mempunyai banyak kesamaan dengan pekerja seni lainnya seperti pelukis, musisi atau pemain theater. Seorang pekerja seni mempunyai idealisme yang unik pada masing-masing kepribadian. Namun ada beberapa idealisme dan sifat-sifat yang saya dapat simpulkan setelah mengenal banyak programmer dan bekerja sama dengan mereka.

Pada artikel kali ini saya ingin memfokuskan pada lingkungan kerja yang sebagian besar diinginkan programmer agar dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Lingkungan kerja yang baik untuk programmer adalah:
  1. Jauh dari kebisingan orang, artinya programmer mendambakan suasana yang tenang dan damai untuk dapat berfikir dengan baik, mungkin dengan iringan musik klasik atau musik lain yang di setel dalam volume kecil dapat menambah ke-'khusyuk'-an programmer bekerja, terutama pada masa-masa sulit programmer yaitu pada saat memecahkan suatu logika program. Kalau saya pada saat logika program tidak dalam level rumit atau cuma copy-paste script lama ke project yang baru, saya selalu mendengarkan musik hard metal spt slipknot, karena itu merupakan kesenangan tersendiri bagi saya.
    Dan adalah ide yang buruk apabila programmer ditempatkan di suasana yang bising, banyak lalu lalang orang dan banyak telepon masuk, ada orang terima telepon dengan nada yang keras dan kebisingan lainnya.
  2. Keadaan kantor/ruangan yang non-formil, masih membahas seputar suasana kantor, namun ini lebih spesifik karena kedalan formil atau non-formil tidak hanya berlaku untuk suasana kantor saja namun juga perlakuan kantor kepada programmer-programmernya. Pada awal artikel saya nyatakan bahwa programmer adalah pekerja seni, dan pekerja seni sangat jauh dari suasana formil ketika tahap pembuatan karya-nya. Coba tanya sama pelukis atau seniman lainnya apabila mereka sedang melukis atau bekerja mau gak mereka disuruh pakai pakaian rapih, rambut disisir dengan rapi dan duduk dengan manis...jawabannya....OGAH. ^_^
    Khusus untuk programmer, adalah ide yang buruk apabila programmer disuruh pakai dasi, baju kemeja harus selalu rapi, sepatu tetap dipasang di kaki, duduk yang manis dan jangan ribut. Duh, itu sama saja neraka dunia.
  3. Tempatkan programmer pada wadah yang sama, artinya programmer akan merasa senang apabila orang yang duduk di samping dia adalah orang dengan pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengannya sehingga dia bisa saling sharing dan becanda gurau ala programmer. Soalnya kadang-kadang kalau lagi pusing programmer sering ngomong-ngomong yang gak jelas dan kasian kan kalau gak ada yang tanggapin atau gak ada yang mengerti dia. Usahakan ada ruangan khusus untuk programmer web, ada ruangan khusus untuk programmer aplikasi, khusus untuk designer web dan lain-lain demi terciptanya keselarasan kerja.
    Dan adalah ide yang buruk apabila sebelah programmer ditempatkan orang marketing...kayaknya saya gak usah terusin deh... ^_^
  4. Mempunyai manager yang mengerti benar keinginan programmer, adalah hal yang sulit untuk dapat memanage sekumpulan programmer agar dapat bekerja dengan maksimal, oleh karena itu saya cukup salut dengan tokoh-tokoh manager IT di Indonesia yang mampu memanage resource programmer-nya untuk bekerja dengan baik walaupun manager tersebut background-nya buka seorang IT. Programmer mempunyai cara berfikir sendiri untuk menilai atasannya apakah baik atau tidak dengan melihat cara manager tersebut memperlakukan dirinya. Adalah tugas manager dalam mengelola project, dan seorang manager juga harus mempunyai trick khusus dalam menyalurkan ide kepada para programmer-programmernya. Cara halus adalah cara yang paling disukai oleh para programmer, maksudnya adalah sesekali manager datang ke kursi kerja programmer dan menanyakan pekerjaannya dengan nada santai. Lalu katakan sebuah ide dengan nada tidak memaksa dan gambarkanlah bahwa jika ide itu terealisasi maka karya si programmer akan makin hebat, dengan gambarana seperti itu programmer pun akan terpacu untuk merealisasikan ide manager tersebut karena dengan makin bagusnya karya si programmer akan menambah kebanggaan sendiri pada insan pekerja seni ini.
    Sekali lagi, adalah ide yang buruk apabila ketika programmer sedang berfikir keras memecahkan program, si manager lalu meminta dia datang ke ruangannya dan mendiskusikan ide manager tersebut. Ada 2 hal yang akan terjadi disini, pertama adalah program yang sedang dikerjakan akan buyar dan butuh waktu untuk kembali ke jalur konsentrasi sebelumnya, kedua adalah berkurangnya respect programmer kepada manager yang memperlakukannya seperti itu. Bagi programmer perlakuan itu dinilai ‘semena-mena’ karena manager telah mengganggu masa pencapaian kenikmatan dalam bekerja....wuih....
Demikian artikel saya tentang keinginan seorang programmer yang ingin diperlakukan dengan baik pada suasana kerja-nya, semua saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman rekan-rekan saya sesama programmer.

Semoga perusahaan yang membaca ini dapat berkaca diri agar dapat memaksimalkan potensi pekerjaan para programmer-nya dan bagi programmer yang membaca ini juga saya harap dapat memberikan saran dan kritikan kepada perusahaan agar lebih meningkatkan kenyamanan anda pada saat bekerja.

Ok, untuk rekan sesama programmer...ada tambahan? ^_^


Best regards, Chandra Jatnika

3 komentar:

He-hei mengatakan...

emmmm gitu yah mas,,,

saya memang belum jadi seorang programmer, masih masa-masa belajar tingga SMK, tapi saya tuh pengen jadi seorang programmer, tapi untuk mencapai.a sulit juga yah...

saya pengen banget seperti orang-orang yang pintar dalam hal membuat program memakai VB,PHP, dsb...

tapi sampai saat ini bikin program di tempat PKL saja, saya sering mengeluh, dan berputus asa,,,

jadi nya nggak yakin bakal jadi seorang programmer deh...

heheh maaf jadinya curhat deh...

sepertinya mas sudah berpengalaman menjadi programmer...

Lalu Sefty Junaedi mengatakan...

Hah.. betul banget.. saya malah memilih keluar kantor :P

Asalasah mengatakan...

o begitu.. heheh nais nais.. soaknya saya juga pngen jadiprogrammer :D
Asalasah