05 September 2008

Tips menjalani puasa untuk orang kantoran

Ramadhan tahun ini merupakan ramadhan yg cukup spesial buat saya, karena ini pertama kalinya saya menjalani rutinitas kantor selagi ramadhan. Pada tahun-tahun sebelumnya saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena pekerjaan yang saya lakukan adalah programmer freelance, sekali-kali ya saya berpanas-panasan naik motor untuk menuju tempat client tapi itu gak masalah selagi ada fee-nya.hehe :D

Tapi ternyata hari-hari pertama ramadhan kali ini terasa cukup berat bagi saya, bayangkan saja setelah sahur jam 4.25 lalu kita harus bisa berangkat kerja jam 7.30 dari rumah menuju kantor. Kalo gak cukup tidur nanti di kantor bisa kuyu gk bersemangat. Klo tidur nanti bangunnya susah dan males-malesan ke kantor.

Ternyata permasalahannya saya dapat atasi setelah mendapat beberapa masukan dari pasangan saya. Intinya seorang karyawan memang membutuhkan istirahat yang cukup untuk aktifitas kesehariannya. Jadi intinya kita harus cukup tidur.

Untuk mensiasatinya ada 2 pilihan yaitu:
1. Tidur malam dipercepat dan pagi gak usah tidur lagi.
2. Tidur malam normal tapi pagi tidur lagi.

Kalau saya milih pilihan kedua karena kalau tidur malam dipercepat saya susah untuk memjamkan mata karena terbiasa tidur malam dan hasil akhirnya sama saja, gara-gara susah tertidur kita jadi bengong di atas tempat tidur dan baru akan tidur 1-2 jam selanjutnya. Sama aja bohong kan. ^_^

Jadi keseharian sy adalah tidur jam 10, atau jam 11an. Lalu bangun jam 3.30 untuk siap-siap sahur, usahakan jam 4.10 sudah selesai menyantap sahur dan kita tinggal menunggu adzan subuh sambil menunggu sebagian makanan selesai dicerna perut kita. Lalu pada jam 5 saya tidur lagi sampai jam 7 bangun dan bersiap untuk berangkat kerja.

Ada 1 tips ampuh untuk mengatasi perasaan yang malas-malasan ketika pagi-pagi bangun dan bersiap bekerja yaitu mandi sebelum tidur di waktu subuh. Karena dengan mandi badan kita akan segar dan apabila dibawa tidur ketika bangunnya badan kita tidak dalam keadaan lemas karena pori-pori tubuh kita masih terasa segar dan pikiran kita juga fresh karena kepala sudah terbasuh air. Dan yang saya rasakan ketika bangun pagi-pagi adalah tidak ada beban harus mandi, siap-siap dll karena saya kan tinggal cuci muka dan ganti pakaian saja untuk mempersiapkan diri ke kantor. Jadi beban mandi sudah tercover dan gak usah sy pikirkan ketika bangun di pagi hari.

Sekian tips dari saya untuk rekan kantoran yang lagi adaptasi dengan aktifitas hariannya dan kewajiban ramadhan. Semoga bisa membantu...mungkin ada saran tambahan???

2 komentar:

He-hei mengatakan...

saya baru tau mas...

thank you atas informasinya..

nanti Insya Alloh deh saya coba,,, :)

ernaa mengatakan...

thanks infonya yak,,,,, saya masih mahasiswa,,, tapi tips itu bolee juga dicoba,,,,