06 Februari 2009

Kunjungan Saya Ke Depo Container Tanjung Priok




Tak terasa saya sudah bergelut hampir 4 bulan di bidang Teknologi Informasi yang mengurusi industri pelayaran di Indonesia. Namun menguasai sistem pelayaran secara aplikasi bukan berarti saya mengerti benar tentang industri pelayaran, lagipula bisa dibilang aplikasi yang saya dan tim buat belum mencakupi 5% dari keseluruhan industri pelayaran. Bukannya berusaha merendah namun pada kenyataanya industri pelayaran di Indonesia memang sangat luas cakupannya.



Berbahagialah saya pada hari (6 feb 09) ini saya diberi kepercayaan untuk berkunjung di tempat penyimpanan sementara (Depo) Container. Container yang saya maksud adalah sebuah tempat penyimpanan (berbentuk kotak) untuk barang-barang yang akan di eksport/import melalui pelabuhan. Container tersebut lalu akan diangkut kapal/vessel ke tempat tujuan. Pada awalnya di pikiran saya Depo itu tempat yang kecil dan hanya memuat beberapa puluh container namun saya salah kali ini, Container yang ada pada Depo ternyata berjumlah ratusan dan mungkin bisa ribuan karena saya tidak menjelajahi Depo ini secara menyeluruh pada hari ini.



Akhirnya saya mulai memahami mengapa sistem analis saya di kantor selalu teliti akan data-data yang diolah di aplikasi karena satu kesalahan kecil dalam pengolahan data akan berakibat fatal bagi bisnis pelayaran ini, semua terbukti karena di lapangan saya melihat sendiri dan diceritakan langsung oleh para ahlinya betapa Container-container yang ada disini sangat diperhitungkan pendataannya, bahkan pada saat penyusunan Container juga ada perhitungan secara detail dan pengolahan data yang harus teliti. Semoga dari hari ini saya juga akan lebih teliti lagi dalam membuat program agar data dapat diolah dengan baik.

Akhir kata saya cuma bisa berbangga karena saya dapat menjadi saksi dari kemajuan industri pelayaran di Indonesia. Indonesia negara yang didominasi oleh lautan oleh kerena itu industri pelayaran adalah sektor yang cukup potensial bagi negara ini dan sepanjang jalan saya dari kantor menuju Depo saya menyaksikan betul betapa aktifnya pergerakan industri pelayaran di pelabuhan, melebihi aktifitas di kantor-kantor saya sebelumnya. Bravo industri pelayaran Indonesia. Indonesia teruslah maju!

3 komentar:

thathit mengatakan...

apakah anda pernah membuat program baik sederhana atau kompleks untuk inventory container?

Blog Admin mengatakan...

iya saya pernah buat waktu saya bekerja sebagai developer di PT Samudera Indonesia, TBK

UD. Container Indonesia mengatakan...

bagus dan cukup mambantu sharing anda.
dan apabila ada yg mencari depo container disurabaya dan gresik silahkan hub kami.
atau dengan mengunjungi web kami: www.udcontainer.com
thanks n regards.