07 Februari 2009

Tips Mengatasi Jenuh Untuk Programmer

Jenuh adalah sifat manusia yang kebanyakan orang sudah pernah mengalaminya. Entah itu jenuh terhadap pekerjaan, pasangan atau kehidupan sehari-hari. Tapi pada artikel kali ini saya coba fokuskan pada rasa jenuh yang sering menghinggapi para programmer.

Kebanyakan rasa jenuh yang dialami programmer adalah jenuh terhadap pekerjaan atau bisa dibilang juga jenuh coding. Ini bukan hal yang aneh kok, malah ini sangatlah manusiawi. Menurut saya seorang manusia dalam hidupnya membutuhkan warna dalam setiap kegiatannya demi mendapat petualangan dan pengalaman baru, kalau terus-terusan melakukan hal yang sama setiap hari tentu rasa jenuh akan datang. Tapi kasusnya kalau programmer jenuh coding bisa kacau jadinya, program bisa gak kelar dan project bisa terhambat, bagaimana cara mengatasinya?

Sesuai pengalaman saya pribadi, saya sering mengalami jenuh coding. Lalu yang saya lakukan adalah mencari kegiatan baru seperti main games, olahraga atau jalan-jalan entah kemana. Tapi selama ini yang paling menghambat itu adalah pelarian jenuh ke games komputer. Rasanya saya gak bisa lepas dari suatu permainan kalau belum benar-benar mahir sampai-sampai pekerjaan saya pun terlupakan.

Namun akhirnya saya menemukan cara agar bisa terhindar dari belenggu jenuh dan pelarian ke games tersebut yaitu "Sebisa dan Sesingkat Mungkin saya Harus Bermain Sepuas-puasnya pada Games tersebut". Dengan cara itu rasa penasaran saya terhadap games itu pun akan terpuaskan dan lambat laun saya akan menemukan perasaan jenuh terhadap permainan itu.

Intinya adalah sesegera mungkin anda harus menemukan rasa jenuh pada kegiatan pelarian anda. Dengan waktu yang sesingkat mungkin temukan rasa jenuh tersebut. Rasa jenuh pada kegiatan tersebut akan membuat anda bersemangat untuk melakukan kegiatan utama anda yaitu pekerjaan anda dan anda siap bekerja dengan semangat yang baru.

Semoga tips-nya berguna... ^_^

2 komentar:

He-hei mengatakan...

ooooo gitu ya mas, jadi harus meninggalkan pekerjaan yang jenuh itu ke pekerjaan yang baru contoh nya games...

dan harus sesingkat mungkin mendapatkan kejenuhan di games itu, agar cepat semangat melakukan aktivitas yang sebelumnya yaitu mengerjakan coding di program,,,,

tapi kalo tetep ngga semangat, trus belum dapat menemukan ide,,,

dan akhirnya BT, ngga tau mesti ngapain, pikiran buntu, itu bagaimana mas?????

Blog Admin mengatakan...

Sebenernya jenuh-nya seseorang sih beda-beda penyelesaiannya, saat ini saya lagi gak minat games jadi saya minat jalan-jalan ato hangout sama temen-temen.
Setidaknya buat suasana baru di hidup kmu agar kmu bisa melupakan sejenak jenuh kmu di pekerjaan.
Ingat namanya pekerjaan pasti ngalamin masa jenuh, itu udh jalannya jadi jgn dihindarin tp di hadapin.